Minggu, 29 April 2018

Training Trip Bangkok Thailand Bagian 2

Baiklah, sebelum lupa saya lanjut menulis tentang training trip di Bangkok.  Saya sampai di gerbang gedung tempat latihan Bujinkan Thailand kurang lebih jam 12.50 waktu setempat, saya melapor di pos jaga disambut seorang berseragam tentara dia bilang, "No speak English, go there" sambil menunjuk kompleks gedung. Saya langkahkan kaki ke arah gedung tersebut dan kebeltulan melihat seorang dari arah parkiran mobil membawa tas bokken,  langsung saya tanya ke orang itu, " Are you Bujinkan member? " Orang tersebut menjawab "Yes" lalu saya perkenalkan diri dengan bahasa Inggris dan dia ajak saya masuk ke gedung.
Tempat yang saya datangi ini merupakan dojo pusatnya Bujinkan Thailand dibawah asuhan Dai Shihan Ake Osothong. Masuk ke ruangan dojo saya berkenalan dengan beberapa orang yang nama namanya sulit saya ingat maklum nama nama orang Thailand beda dengan nama Indonesia dan nama Barat, hampir 90% yang hadir adalah Yudansha hanya ada 2 orang peserta level kyu. Saya bahkan tidak tau itu yudansha yang hadir tingkat berapa saja setau saya asisten Shihan di sini adalah penyandang Dan 7.
Sesi latihan dibuka oleh asisten Shihan setelah sesi ukemi selesai Shihan Ake datang masuk saya memberi salam ke beliau. Shihan Ake ini salah satu orang yang sering muncul di videonya Sensei Hatsumi sepintas mirip dengan Shihan Manaka.
Saat latihan pokok kembali kebiasaan buruk saya muncul yaitu menggunakan tenaga otot, di Bujinkan seorang anggota Godan wajib menghilangkan kebiasaan buruk dalam menggunakan kekuatan otot.
Latihan diakhiri dengan sesi muto dori dan toho atau kenjutsu (teknik pedang).
Ada beberapa poin penting yang saya dapat dalam latihan di sini :
1.latihan ukemi dengan menggunakan pinggang dan tulang punggung karena ada bantingan tertentu yang tidak dapat diamankan dengan ukemi biasa.
2. Ada beberapa waza dalam densho yang sebetulnya memang dibikin aman untuk rekan latihan. Waza - Waza ini akan bisa maksimal jika dilatih bersama orang yang jago ukemi.
3. Lebih memperhalus teknik, perbanyak langkah dan untuk memudahkan gunakanlah prinsip yang diajarkan Shihan Shiraishi.

Ok sekian,  ini saya tulis dalam keadaan menahan kantuk.  Selamat malam.
Selamat berlatih.

Dojo Cho Bujinkan Indonesia

Prisotya Martadi
Godan, Shidoshi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.