Selasa, 17 April 2018

Belajar Ninjutsunya Sensei Masaaki Hatsumi Dengan Benar

Belajar Ninjutsunya Sensei Masaaki Hatsumi Dengan Benar

Di Indonesia sebetulnya banyak peminat yang ingin belajar ninjutsu. Ada sebagian peminat yang cukup beruntung dan ada yang kurang beruntung. Yang beruntung adalah yang bisa ketemu dengan dojo yang benar - benar punya hubungan dengan Bujinkan Honbu dojo dan yang tidak beruntung adalah orang yang mungkin jadi korban penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab yang mengaku ngaku sebagai anggota Bujinkan, pernah belajar di Bujinkan dan sebagainya.
Pada dasarnya Bujinkan Honbu dan Sensei Masaaki Hatsumi telah memikirkan bagaimana supaya para peminat terhindar dari masalah penipuan yang dilakukan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan cara :
1. Penerbitan Meknyo atau sertifikat. Menkyo sebetulnya sudah ada secara turun temurun untuk membuktikan bahwa seseorang telah belajar dan mempunyai hubungan dengan suatu ryuha.
2. Penerbitan kartu anggota, dulu penerbitan kta dilakukan secara terpusat oleh honbu namun mulai tahun 2018 penerbitan dilakukan oleh Daishihan atau seijin dari Daishihan.
Para peminat diperkenankan atau malah sebaiknya menanyakan kepada pelatih atau gurunya apakah mereka mempunyai menkyo (sertifikat) atau ijin mengajar dari honbu sebagai suatu bukti bahwa yang bersangkutan betul - betul merupakan perwakilan dari Bujinkan.
Banyak juga orang yang berdalih secara salah kaprah bahwa ijin mengajar itu sama dengan frenchise. Jelas beda ijin mengajar dan sertifikat didapat bukan berdasarkan transaksi jual beli namun lewat proses belajar dan mengajar yang tidak singkat.
Lantas bagaimana sikap Bujinkan Indonesia terhadap para korban atau orang orang yang kurang beruntung? Dari awal kami telah menentukan bahwa setiap orang dapat belajar di dojo kami namun tidak boleh berafiliasi dengan organisasi atau perguruan ninjutsu di luar Bujinkan. Dengan kata lain kami siap untuk menerima tiap orang yang masuk asal yang bersangkutan sanggup untuk taat pada norma dan aturan yang ada di Bujinkan, untuk di Indonesia jelas dan tidak bisa ditawar adalah setiap pada Pancasila dan UUD 45.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.