Minggu, 16 Juli 2017

PELAJARAN DASAR



PELAJARAN DASAR
Materi dalam Bujinkan berdasarkan pada pedoman yang disebut dengan Ten Chi Jin Ryaku No Maki. Pada tahap awal anggota Bujinkan Indonesia dikonsentrasikan untuk mempelajari Sanshin No Kata atau Gogyo. Kenapa harus Sanshin? Kenapa tidak langsung pada Kihon Happo? Materi dasar di Bujinkan bersumber pada materi dasar Gyokko Ryu Koshijutsu yaitu Sanshin dan Kihon Happo.  Kihon Happo sendiri bersumber pada Sanshin dimana pola dasar gerak dan atemi dari Koshijutsu diperkenalkan. Dalam sanshin kita diajarkan bergerak baik dengan seluruh tubuh sesuai dengan ken tai ichi jo maupun bergerak dengan menggunakan putaran pinggang atau koshi mawari. Dalam sanshin kita juga dikenalkan pada :

  1. 1.       sanshitanken yang merupakan pola dasar gerakan mengayun dari atas ke bawah dan ke atas depan seperti ayunan bandul, dari segi senjata serang sanshitanken merupakan pola dasar untuk tusukan jari dan cengkeraman.
  2. Shuto ken atau Shito ken dari sanshin kita akan bisa memahami kenapa shuto juga disebut kitenken atau pukulan berputar atau mengapa dulu gyokko disebut shitojutsu
  3. Boshiken yang merupakan pukulan dengan ujung ibujari
  4. Happaken dan Shakoken atau pukulan dengan telapak tangan dan cakar
  5. Sokuyaku geri atau tendangan dengan tumit.

Dalam penjelasan sanshin yang diberikan saat latihan kita akan menjumpai Kihon happo didalamnya. Bisa dikatakan bahwa Kihon happo tersembunyi di dalam Sanshin atau Kihon Happo berasal dari Sanshin.
Selamat Berlatih
Ganbatte

(Prisotya Martadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.