Selasa, 18 Oktober 2016

Takagi Yoshin Ryu

Gaya seni beladiri Takagi Yoshin Ryu diciptakan oleh Takagi Oriemon seorang samurai pada jaman Edo. Latar belakang berdirinya gaya ini adalah peristiwa pembunuhan terhadap ayahnya yaitu Takagi Sanzaemon yang tewas diserang pada malam hari. Sanzaemon adalah seorang ahli seni pedang pada Shiraishi domain. Setelah kematian ayahnya Takagi Oriemon berusaha keras untuk membalas dendam dan selalu menginggat ajaran sang ayah “ pohon willow memiliki sifat yang kuat sedangkan pohon tinggi (takagi) sifatnya lemah”
Pada tahun 1645 pada usia 16 tahun Oriemon berhasil menamatkan pelajaran Amatsu Tatara Rinpo Hiden dari Itto Kii No Kami yang merupakan penerus dari tradisi Amatsu Tatara yang diturunkan oleh praktisi Tao yang bernama Unryu. Berdasarkan Amatsu Tatara dan ajaran sang ayah Takagi Oriemon memformulasikan suatu gaya seni beladiri baru yang ia namai Takagi Yoshin Ryu.
Dalam perkembanganya Takagi Yoshin Ryu terpecah menjadi beberapa cabang silsilah dan salah satunya diwarisi oleh Masaaki Hatsumi Sensei.
Banyak yang mengenal Takagi Ryu sebagai Jutaijutsu atau jujutsu, namun sejatinya gaya Takagi juga meliputi seni persenjataan yaitu Iaijutsu dengan menggunakan daisho, tongkat pendek, tombak, nawanage, jutte dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar