Minggu, 14 Agustus 2016

Semangat Ninja II

Membahas lagi soal Ninniku Seishin atau Semangat Ninja, syair tersebut adalah gambaran secara kesusateraan tentang Ninjutsu secara utuh. Terlihat dangkal atau tidak berarti akan tetapi apabila direnungkan maknanya sangat mendalam. Ninjutsu adalah bentuk latihan tubuh,fikiran dan jiwa yaitu latihan kesabaran tubuh, latihan kesabaran pikiran dan latihan kesabaran jiwa. Kesabaran ini berarti tangguh, sabar, tak tergoyahkan, tak bergeming, kokoh, artinya bukan sabar pasif melainkan sabar dalam kondisi aktif sering kali disimbolkan dalam simbol Acala Widyaraja atau Fudo Myo yang melambangkan tubuh, pikiran dan jiwa yang tahan godaan demi mencapai tujuan. Tujuan ini bukan semata-mata tujuan asal menang tapi demi menaklukan angkara murka. Angkara murka bukan hanyak obyek atau subyek di luar diri melainkan pertama-tama yang ada di dalam diri kita.
Arti sejati dari Nin adalah Kajo Waraku atau hati yang laksana bunga, ini merujuk pada bunga teratai. Bayangkan apabila kita hidup sebagai bunga teratai yang hidupnya di air kotor namun bunga tersebut menjadi bunga yang indah. Ini suatu idealisme dalam bujinkan di mana seorang pendekar akan selalu membawa keindahan meskipun kondisi lingkungannya buruk. Umumnya kolam atau parit kotor yang ada teratainya adalah habitat yang baik untuk hewan serta tumbuhan lain, sungguh berbeda dengan kolam yang penuh limbah.Taijutsu adalah salah satu bentuk latihan meditasi gerak agar kita bisa memancarkan pesona dan daya seperti teratai.
Seorang praktisi Ninpo atau ninjutsu harus memahami dengan baik tentang taktik dan siasat. Bukan pada teknik menipu atau mengakali. Taktik dan siasat digunakan utk menegakan untuk kebutuhan dharma atau ajaran welas asih. Bukan semata-mata pada suatu keinginan pribadi.
Ada beberapa orang bertanya apakah mungkin mempelajari ryuha bujinkan tanpa belajar taijutsu? Jawabnya jelas tidak mungkin karena ryuha tersebut telah didesain para leluhur turun temurun dengan mempertimbangkan tata napas, tata gerak khusus dan keuniversalan gerak alamiah tubuh, pikiran jiwa manusia. Singkat kata ini merupakan latihan Yoga khusus atau meditasi gerak untuk mencapai satori atau pengertian yang dimaksud dalam Ninpo dan Mikkyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar