Sabtu, 28 November 2015

Peringatan Bagi Peminat Seni Beladiri Bujinkan Ninjutsu

Tidak dapat dipungkiri kalau nama Sensei Masaaki Hatsumi dalam dunia seni beladiri memang sangat terkenal. Begitu pula nama Bujinkan sebagai organisasi yang didirikan oleh beliau. Memang Bujinkan Honbu tidak punya website yang mencantumkan dojo-dojo cabangnya seperti bebarapa organisasi ninjutsu sempalannya di Jepang. Ini dimaksudkan supaya orang yang ingin berguru pada Bujinkan dengan sabar mencari akses ke Bujinkan yang sejati. Tidak jarang dalam  pencariannya para peminat sering kali bertemu orang-orang yang sebenarnya tidak berafiliasi atau menjadi anggota atau masuk jajaran pelatih dan guru Bujinkan tetapi mengaku-ngaku sebagai cabang dari Bujinkan. Untuk menghindari penyesatan-penyesatan maupun demi menghindari kerugian dari peminat seni beladiri khususnya Bujinkan Ninjutsu, maka saya tuliskan beberapa hal yang bisa jadi pedoman :
1. Apabila anda mendaftar di suatu dojo, untuk mengetahui dojo tersebut berafiliasi atau merupakan cabang Bujinkan atau tidak, anda dapat menanyakan sertifikat yang dimiliki oleh sang pendiri atau kepala dojonya. Untuk dojo-dojo cabang Bujinkan Indonesia kami lengkapi dengan sertifikat Yudansha yang dikeluarkan oleh Hatsumi Sensei sendiri untuk level Shodan ke atas, maupun surat keterangan dari Pendiri Bujinkan Indonesia bagi cabang - cabang yang pelatihnya belum mengurus sertifikat ke Honbu. Menanyakan sertifikat pelatih dalam Bujinkan adalah tindakan yang legal dan diperbolehkan.
2. Ada kesalahan persepsi bahwa orang yang mantan anggota Bujinkan tidak akan diakui di Bujinkan. Yang benar adalah mantan anggota tetap akan diakui sebagai mantan anggota. Apalagi jika yang bersangkutan pernah berprestasi. Banyak koq mantan anggota yg tetap dikenang meskipun sekarang sudah melepaskan diri dari dojo.
3. Intelektual properti dari Bujinkan telah di daftarkan pada departmen hukum hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Penyalahgunaan logo dan nama bisa mendapatkan tindakan hukum baik secara perdata maupun pidana.
Semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan bagi para peminat bujinkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar