Rabu, 02 September 2015

Cara mengenali beladiri Jepang kamu otentik atau tidak


Di Indonesia beladiri Jepang sudah berkembang sejak lama, mungkin dari masa sebelum Perang Dunia II. Sekarang ini sudah ada puluhan atau mungkin ratusan perguruan beladiri Jepang yang ada di Indonesia, akan tetapi juga ada perguruan – perguruan beladiri yang sebetulnya tidak memiliki affiliasi atau silsilah dengan honbu dojo nya di Jepang. Agar tidak salah pilih, alangkah baiknya jika kamu lakukan langkah identifikasi soal keotentikan dojo atau perguruan beladiri Jepang yang sekarang kamu tekuni, sebagai berikut :
1.      Tanda keanggotaan yang diterbitkan oleh Honbu di Jepang, sebagai contoh adalah aliran kami Togakure – Ryu Ninjutsu. Saat ini banyak orang yang mengaku sebagai perguruan yang berafiliasi dengan togakure – ryu, padahal mungkin kenyataanya hanya sedikit dojo yang betul – betul punya affiliasi dengan aliran ini. Pada saat ini Affiliasi dengan Togakure – Ryu Ninjutsu di pegang oleh Bujinkan yang ketuanya merupakan Soke ke 34 dari Togakure Ryu Ninjutsu, ada juga Genbukan, Jinenkan dan Toshindo yang mengaku berafiliasi dengan Togakure, hal ini tidak menjadi masalah karena keempatnya merupakan pecahan dari Bujinkan dengan kata lain mereka masih mempunyai garis silsilah yang benar dalam suatu Ryu. Baik Bujinkan, jinenkan, genbukan maupun Toshindo Honbu menerbitkan tanda keanggotaan bagi para anggotanya, minimal bagi para Sensei yang mengajar di luar Jepang.
2.      Sertifikat, secara umum perguruan beladiri Jepang menerbitkan sertifikat secara terpusat, dengan kata lain wewenang untuk menerbitkan sertifikat ada ditangan honbu. Jadi pastikan Sensei anda punya sertifikat yang diterbitkan oleh Honbu Dojo di Jepang atau tidak.
3.      Pengembangan SDM baik deshi (murid) atau pelatih, beladiri Jepang otentik akan mengembangkan SDMnya secara berkala dengan metode Gassuku, Taikai maupun Seminar yang dipandu oleh Sensei atau Shihan senior. Seorang Sensei atau Shihan bisa saja orang berkebangsaan Indonesia maupun orang asing. Faktor terpentingnya adalah anda mengetahui bahwa perguruan anda memiliki hubungan dengan saudara anda satu Ryu dari luar negeri atau tidak.
4.      Hubungan Sempai, Kohai dan Sensei, meskipun anda merupakan murid satu – satunya dalam suatu dojo, jika beladiri kamu merupakan beladiri jepang yang otentik ada suatu kemungkinan bahwa Sensei kamu punya Sempai atau Kohai pada saat dia belajar dulu. Jika dia tidak punya Kohai atau sempai, pastinya dia punya Sensei. Tidak ada salahnya untuk menannyakan hal ini pada pelatih anda, karena pada umumnya sifat kekeluargaan dalam beladiri Jepang sangatlah tinggi dan tidak menghalangi seorang murid untuk mengenal guru dari gurunya atau saudara seperguruan dari gurunya.
5.      Jika ada kemungkinan tanyakan juga pada Sensei anda, apakah memungkinkan anda melakukan kunjungan latihan di aliran atau Ryu yang sama di luar negeri. Tanyakan pula soal peluang anda dikemudian hari untuk berlatih di Honbu Dojo di jepang.


Demikian sharing dan tips untuk mengenali keaslian beladiri Jepang yang kamu pelajari saat ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.