Selasa, 01 September 2015

Apa itu Ninjutsu?

Ninjutsu atau Ninpo adalah seni beladiri dari mata – mata Jepang kuno yang populer  dengan sebutan Ninja atau Shinobi. Secara harafiah Ninjutsu terdiri dari dua karakter kanji yaitu Nin atau shinobu yang berarti kesabaran atau ketabahan dan Jutsu yang berarti teknik atau metode. Pada jaman modern ini ninjutsu sering kali disebut dengan nama Ninpo yang berarti Kaidah Kesabaran atau ketabahan. Dalam blog ini kami akan memperkenalkan sekilas tentang seni beladiri Ninjutsu atau Ninpo dari aliran Togakure yaitu aliran ninjutsu yang diturunkan secara rahasia turun temurun selama 34 generasi yang pada jaman modern ini disebarkan dan dilestarikan oleh Soke Masaaki Hatsumi dari Bujinkan Dojo selaku ahli waris ke 34 dari Togakure-Ryu Ninjutsu.

Blog ini akan banyak membahas tentang teknik paling mendasar dalam ninjutsu atau ninpo teknik ini dikenal dengan sebutan Taijutsu atau teknik badan atau olah kanuragan. Mungkin banyak diantara para pembaca yang sudah mengenal nama Taijutsu dari beberapa komik, disini kita akan melihat dan merasakan Taijutsu yang sebenarnya. Taijutsu yang sebenarnya diciptakan berdasarkan gerakan alamiah tubuh manusia, jadi sekali lagi taijutsu jauh dari unsur – unsur fantastis seperti yang disajikan oleh komik. Secara umum Taijutsu terdiri dari dua bagian yaitu Dakentaijutsu yang terdiri dari perpaduan gerakan tendangan dan pukulan seperti Karate atau Pencak Silat dan Jutaijutsu yang terdiri atas teknik kuncian, bantingan, tangkapan dan lepasan seperti yang ada dalam Judo maupun Aikido.

Ada suatu kesalah pahaman awam yang berpikir bahwa ninjutsu adalah suatu kombinasi atau campuran dari beberapa seni beladiri Jepang, missal karate dicampur aikido, judo, kendo dan lain – lain. Pemikiran ini keliru, karena ninjutsu sendiri sudah ada jauh sebelum karate masuk dari Okinawa ke Jepang dan sudah ada pula jauh sebelum Judo maupun Aikido diciptakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar